Monday, February 13, 2012

Hakim Bijak Dan Terbaik di Indonesia

Manfaat di Social Network adalah bila kita bisa mendapatkan " Sahabat Sejati,karena dia akan selalu memberi informasi yang terbaik untuk semua sahabatnya tanpa menghiraukan apa uang dia dapat,seperti yang yang saya terima ini,mudah-mudahan bisa menjadi tauladan yang baik.

Ini adalah kisah : Seorang Hakim Terbaik dan sangat Peduli pada Rakyat Kecil,berikut ceritanya :

 Kasus tahun 2011 lalu di Kab. Prabumulih, Lampung (kisah nyata),.... diruang sidang pengadilan, hakim Marzuki duduk tercenung menyimak tuntutan jaksa PU thdp seorg nenek yg dituduh mencuri singkong.

Nenek itu berdalih bahwa hidupnya miskin, anak lelakinya sakit, cucunya lapar,....

Namun manajer PT Andalas Kertas  tetap pada tuntutannya, agar menjadi contoh bagi warga lainnya.

Hakim Marzuki menghela nafas..., dia memutuskan diluar tuntutan jaksa PU, 'Maafkan saya', katanya sambil memandang nenek itu,. 'Saya tak dpt membuat pengecualian hukum', hukum tetap hukum, jd anda hrs dihukum.                        'Saya mendenda anda 1jt rupiah dan jika anda tdk mampu bayar maka anda hrs masuk penjara 2,5 tahun', spt tuntutan jaksa PU.

Nenek itu tertunduk lesu, hatinya remuk redam, smentara hakim Marzuki mencopot topi toganya, ia membuka dompetnya kemudian mengambil & memasukkan uang 1jt rupiah ke topi toganya serta berkata kpd hadirin :

'Saya atas nama pengadilan juga menjatuhkan denda kpd tiap org yg hadir diruang sidang ini sebesar 50rb rupiah, sebab menetap di kota ini yang membiarkan seseorang kelaparan sampai hrs mencuri utk memberi makan cucunya. Sdr panitera, tolong kumpulkan dendanya dalam topi toga saya ini lalu berikan semua hasilnya kpd terdakwa."

Sampai palu diketuk dan hakim Marzuki meninggaikan ruang sidang, nenek itupun pergi dgn mengantongi uang 3,5jt rupiah, termasuk uang 50rb yg dibayarkan oleh manajer PT Andalas Kertas yg tersipu malu krn telah menuntutnya. Sungguh sayang kisahnya luput dari pers. Kisah ini sungguh menarik sekiranya ada teman yg bisa mendapatkan dokumentasi kisah ini & bisa di share di media untuk jadi contoh hakim berhati mulia. Semoga seluruh rakyat Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera, Aamiinn.

saya minta maaf bila ada yang tersinggung,tujuan saya hanya satu : Mudah-mudahan Hakim-hakin seluruh Indonesia bisa mencontoh seperti yang telah dilakukan oleh Hakim Marzuki di Lampung.


Salam


Anak Indonesia yang Peduli Rakyat kecil







2 comments:

  1. Anda punya pengalaman...boleh...share

    atau kirim aja ke email asihwidadabiz70@gmail.com
    insya alloh akan saya posting...


    atau komen juga gak pa2

    mudah-mudahan banyak hakim-hakim yang jujur di indonesia

    bravo orang jujur

    ReplyDelete