Friday, February 10, 2012

Teh Minuman Favorit bagi Penderita Sakit Jantung & tekanan darah tinggi


Berita yang baik bagi pecinta seduhan pucuk pohon teh dan para penderita penyakit jantung maupun tekanan darah tinggi,dan sampah sisa seduhannya juga ramah lingkungan ( Save our Earth ).

Berikut ini studi terakhir, seperti dilansir dari dailymail.com menyebutkan, meminum seduhan teh secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik seseorang. Demikian temuan para ilmuwan dari The University of Western Australia dan Unilever,teh yang diminum adalah the yang masih asli yang sudah dikeringkan bukan teh yang sudah ditumbuk halus,karena diduga the yang sudah dihaluskan kandungan zat-zat penting sudah berkurang.

Sebelumnya minum tiga cangkir teh hitam sehari telah terbukti mampu menurunkan resiko penyakit jantung hingga 10 persen. Teh, oleh tim studi dari Harvard University, juga dikatakan mammpu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan polifenol antioksidan pada minuman paling populer kedua di dunia ini telah terbukti mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker.

"Kini ada bukti yang menunjukkan bahwa teh baik untuk kesehatan jantung Anda," kata Ketua peneliti dari The University of Western Australia, Profesor Jonathan Hodgson.

Dalam penelitian ini, 95 relawan yang berusia antara 35 dan 75 tahun diteliti. Relawan direkrut dan dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta mengkonsumsi tiga cangkir teh hitam, sedang kelompok lain meminum plasebo yang rasa dan kandungan kafeinnya sama dengan teh.

Tekanan darah kedua kelompok ini lalu diukur dari dua angka. Yang pertama adalah tekanan sistolik, yakni tekanan darah saat jantung berdetak. Yang kedua yakni diastolik, yakni tekanan ketika jantung beristirahat.
Setelah enam bulan, para peneliti menemukan bahwa dibandingkan dengan kelompok plasebo, partisipan yang minum teh hitam memiliki tekanan sistolik lebih rendah dan tekanan darah diastolik antara 2 dan 3 mmHg (milimeter air raksa).

Sementara penurunan sebesar 2 hingga 3 mmHg tekanan darah seseorang akan menyebabkan penurunan 10 persen resiko terkena hipertensi dan penyakit jantung.

Dia menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami bagaimana teh dapat mengurangi tekanan darah.

Demikian sekilas info mudah-mudahan ini menjadi penyemangat tersendiri bagi penggemar minum teh seduhan di kala pagi hari disaat suasana santai terutama pada hari libur,Sabtu atau minggu dan bagi bisa dijadikan minuman favorit bagi penderita sakit jantung maupun sakit tekanan darah tinggi.

No comments:

Post a Comment