Sunday, March 18, 2012

Tujuh Makanan Wajib bagi Penderita Diabetes



Banyak yang kita dengar dan kita lihat,bahak setiap hari kita disuguhi iklan yang peduli kesehatan yaitu : 2 penyakit terbesar di Indonesia dan menjadi 2 mesin pem,bunuh yang efektif yaitu : Sakit Diabetes dan Jantung.

Tahukah Anda apa itu ?

Diabetes adalah penyakit akibat ganguan metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Hormon ini bertugas membantu menyalurkan gula ke dalam sel agar diubah menjadi energi. Jika jumlah insulin tidak cukup, maka terjadi penimbunan gula dalam darah sehingga menyebabkan diabetes.
Pada penderita diabetes tipe 1, insulin sama sekali tidak dihasilkan oleh organ pankreas. Sedang pada penderita diabetes tipe 2, hanya sejumlah kecil insulin yang dihasilkan.
 
Faktor keturunan, pola makan atau gaya hidup yang tidak sehat, kadar kolesterol yang tinggi, jarang berolahraga, dan obesitas adalah beberapa penyebab seseorang terkena diabetes.
Penderita dapat mengendalikan kadar gula yang tinggi dengan mengurangi makanan berlemak dan manis, banyak minum air putih, berolah raga teratur, hingga meminum obat yang dianjurkan dokter. 

Berikut beberapa makanan yang wajib dangan sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan di dunia bagi penderita diabetes,adalah sbb.: 

1.Sayuran.
 
Sayuran secara alami rendah kalori dan kaya serat, menjadi pilihan karbohidrat sederhana yang disarankan.
Yang dimaksu sumber karhohidrat dari sayuran adalah umbi-umbian,semacam ubi jalar,ubi kayu dll.

2.Buah.

 Sama halnya dengan sayur, buah cenderung rendah lemak namun kaya akan serat,  dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan gula dan kalori pada buah juga aman untuk tubuh.

3. Kacang-kacangan.

 Selain kaya serat, kacang juga mengandung lemak baik dan magnesium yang dapat membantu mengatur gula darah Anda. Kacang juga adalah sumber vitamin E dan antioksidan terbaik, yang membantu mencegah kerusakan saraf dan mata. 

4.Ikan.

Sebagai sumber protein yang baik, ikan dapat menjadi pengganti daging yang tinggi-lemak. Ikan juga adalah sumber terbaik asam lemak omega-3 yang baik menjaga kadar kolesterol baik.

5. Minyak zaitun.

 Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada minyak khas daratan Mediterania ini, menurut beberapa penelitian, bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

6. Yoghurt. 

Yoghurt merupakan salah satu produk makanan turunan susu yang kaya protein dan kalsium.
Beberapa studi menunjukkan orang yang makan banyak kalsium, akan lebih mudah dalam upaya menurunkan berat badan dan cenderung tak akan resisten akan insulin.

7. Kayu manis.
 
Penelitian menyebutkan, dengan menambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis perhari pada makanan yang dikonsumsi, kadar gula darah mampu turun. Komponen dalam kayu manis terbukti membantu kinerja insulin, sehingga lebih banyak glukosa masuk dalam sel.

Agar makanan tersebut bisa lebih efektif untuk mencegah diabetes dan jantung,dianjurkan makanan diatas dimasak dengan menggunakan air alias direbus,jangan di goring,minyak yang terserap dalam makanan yang digoreng bisa memacu penumpukan kolesterol yang sangat berbahaya bagi penyakit jantung.
Hati-hati bagi Anda yang telah menginjak usia 35 tahun ke atas,cobalah mulai berhati-hati dalam memilih makanan.Karena pada usia ini biasanya,kegiatan olahraga mulai berkurang,seirirng kemapanan ekonomi pengin-nya makan yang enak-enak,rata-rata makannan yang enak pasti mengandung gula dan kolesterol,hal inilah yang tidak disadari oleh kita semua sehingga,pada usia 35 tahun ke atas banyak yang diserang berbagai penyakit termasuk didalamnya diabetes dan jantung ( 2 penyakit terbanyak yang membunuh uamat manuasia ).

Kesehatan mahal harganya,jangan sampai kita sadar setelah menderita sakit,so…bagi anda yang suka baca artikel kesehatan hal ini patut dicermati.

TIDAK ADA YANG BISA KITA LAKUKAN,TANPA ADA NIAT
MULAILAH PEDULI PADA DIRI KITA,DEMI KESEHATAN KITA
UNTUK MASA SEKARANG DAN MASA DEPAN,
UNTUK DIRI KITA DAN KELUARGA KITA
  KELUARGA INDONESIA - BAHAGIA

1 comment: