Monday, February 20, 2012

Mau terhindar Hypertensi, Back to Nature Solusinya.


Sering dari kita yang tahu baik dari omongan teman atau nasihat seorang ahli kesehatan/dokter bahwa makan terlalu banyak makanan berasa asin dapat meningkatkan tekanan darah. Tapi tidak banyak yang tahu kenapa dan mengapa?Tahukah Anda? Berikut ini ulalas singkat mudah-mudahan banyak manfaat dan yang pasti jangan sampai anak-anak kita bertanya tapi kita tidak tahu jawabannya,"Gak Gaul" kata mereka,kan malu masa orang tua,dipermalukan anak sendiri,ok.Selamat membaca...

Natrium klorida, juga dikenal dengan garam dapur, atau halit, adalah senyawa kimia dengan rumus molekul NaCl. Senyawa ini adalah garam yang paling memengaruhi salinitas laut dan cairan ekstraselular pada banyak organisme multiselular. Sebagai komponen utama pada garam dapur, natrium klorida sering digunakan sebagai bumbu dan pengawet makanan.

Jadi disinilah intinya...Natrium dalam garam sebenarnya membantu menjaga tekanan darah, kontraksi otot, transmisi antar saraf sel, serta menjaga keseimbangan air, asam dan basa dalam tubuh. Namun, kondisi ini akan terjadi jika konsumsi garam tidak lebih dari 6 gram (1 sendok teh) per hari.
Kadar garam tinggi dalam tubuh dapat mempersempit arteri ginjal, sehingga membatasi aliran darah dan menyulitkan kinerjanya. Akibatnya, ginjal melepaskan hormon yang disebut renin dan angiotensin, yang meningkatkan tekanan pada pembuluh darah perifer, dan menyebabkan Hipertensi.

Memang ada faktor lain selain garam sebagai penyebab penyakit HipertensI, faktor lain yang meningkatkan resiko terkena hipertensi yakni usia, riwayat keluarga, kegemukan, fisik yang kurang aktif, merokok, stres dan minuman beralkohol. Namun dengan mengurangi konsumsi garam saja, dipercaya dapat sangat mengurangi risiko hipertensi.

Namun jangan khawatir masih banyak cara untuk mengurangi konsumsi garam dan sangat efektif yaitu al :

1. Makan lebih banyak produk segar dan sedikit makanan olahan.
2. Batasi penggunaan garam dalam makanan Anda dengan menggantinya dengan rempah-rempah tertentu  
    yang dapat memperkaya rasa.
3. Pilih produk makanan rendah garam.
4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran ( kembali ke alam - Back to Nature ).

Jadi kalau Anda mau terhindar Hypertensi,mulai sekarang Back to Nature Solusinya.

3 comments:

  1. Good efforts. All the best for future posts. I have bookmarked you. Well done. I read and like this post. Thanks.
    IT Company India

    ReplyDelete
  2. thanks for the compliment and the visit to my blog, hopefully useful.
    yes do not forget to visit often
    thanks friend
    greetings
    greetings of friendship

    compassion Widada

    ReplyDelete
  3. Thanks for showing up such fabulous information. I have bookmarked you and will remain in line with your new posts. I like this post, keep writing and give informative post...!
    Buy Facebook Fans

    ReplyDelete